animasi

Ads Here

Kamis, 29 Agustus 2019

Teknik Passing Bawah

0 comments
                      Cara passing bawah dalam bola volly
     
 Teknik dasar atau cara melakukan passing bawah yang benar (Bola voli). Passing bawah merupakan salah satu teknik dasar yang sangat penting dalam permainan olahraga bola voli. Passing bawah biasanya digunakan sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan ke regu lawan dengan cara mengoperkan bola ke teman seregu (teman satu tim). Selain itu passing bawah juga digunakan sebagai dasar pertahanan tim dari serangan musuh.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/cara-melakukan-passing-bawah.html


Passing bawah yang dilakukan dengan baik akan dapat menerima atau pun menahan berbagai bentuk serangan yang dilakukan oleh tim lawan, serta sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan balik dengan mengopernya ke tosser (setter) yang mempunyai tugas untuk mengatur pola serangan. Selain passing bawah juga ada beberapa teknik-teknik dasar lainnya yang harus dikuasai oleh pemain bola voli, baca juga.

Berikut ini adalah beberapa langkah atau cara melakukan passing bawah dengan benar: 
  1. Ambil sikap siap yang umumnya dilakukan dalam permainan bola voli, yaitu kedua kaki dibuka selebar bahu serta kedua lutut sedikit ditekuk dengan badan sedikit dibungkukkan ke depan. 
  2. Rapatkan serta luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari menjadi sejajar 
  3. Ayunkan kedua lengan secara bersamaan ke arah datangnya bola, dalam hal ini siku harus betul-betul dalam keadaan lurus. Letak perkenaan bola harus berada pada bagian prosimal lengan atau diatas dari pergelangan tangan. 
  4. Dan disaat bola mengenai kedua lengan, lutut kaki diluruskan. 
  5. Dalam melakukan passing bawah ke arah depan, ayunan lengan tidak lebih dari sudut 90dengan bahu atau badan.
Passing merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh seorang pemain untuk memberikan bola voli kepada teman satu timnya dengan menggunakan teknik tertentu untuk merancang strategi penyerangan.
Nah, dalam bermain bola voli, teknik passing yang tepat dan akurat sangat diperlukan agar bola dapat diarahkan ke pemain selanjutnya dengan baik, dan dia bisa melancarkan penyerangan yang menghasilkan poin.
Bagaimana tekniknya?
Secara umum, teknik passing dalam permainan bola voli itu ada 2 macam, yaitu passing atas, dan passing bawah. Berikut penjelasannya masing-masing:
Passing bawah

teknik passing bawah permainan bola voli
USA Volleyball

Teknik passing bawah dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Berdiri dengan membuka kedua kaki selebar bahu.
  2. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan sehingga kedua ibu jari sejajar.
  3. Ayunkan kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas sampai setinggi bahu.
  4. Ketika bola tersentuh kedua lengan, luruskan lutut.
  5. Perkenaan bola yang baik tepat yaitu di atas pergelangan tangan.
  6. Ketika melakukan passing bawah ke arah depan, lengan diayunkan tidak lebih dari 90 derajat dengan bahu atau badan.
Cara-cara atau rangkaian langkah gerakan melakukan passing bawah di atas bisa dijadikan bentuk-bentuk pembelajaran untuk latihan bagi para pemula. Seperti melemparkan atau melambungkan bola ke atas kemudian saat bola turun dilakukan passing bawah atau juga bisa dengan bantuan seorang teman yang melemparkan bola ke arah salah satu peserta latihan kemudian dilakukan passing bawah untuk mengembalikan bola ke arah pelempar. Saat pembelajaran cobalah untuk bisa merasakan perkenaan bola dengan lengan serta tenaga yang perlu disalurkan sehingga bola bisa memantul dengan baik atau sempurna.

           Baiklah,semoga bermanfaat.
           Salam olahraga..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar